RENCANA STUDI
Saya, Supriadi, lulusan
dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Makassar. Selama kuliah saya aktif organisasi yang
berorientasi pada pendidikan dimana salah satu kegiatan dari organisasi ini
yaitu Bakti Ilmiah yang berfokus pada kegiatan proses belajar mengajar di
sekolah yang ada di desa-desa yang kami laksanakan dua kali dalam setahun.
Selain itu, saya juga mengadakan bimbingan belajar secara gratis untuk adik-adik
mahasiswa jurusan pendidikan matematika dan juga saya aktif di pembinaan
anak-anak TPA serta pernah membimbing siswa klub matematika di salah satu
sekolah di kabupaten Gowa. Hal ini saya lakukan untuk menyalurkan hobi saya
yaitu mengajar. Saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dosen, tentu ini
didasarkan terhadap kesukaan saya mengajar dan keinginan saya untuk
mengembangkan daerah saya khususnya di dunia pendidikan yang tentunya akan
berdampak pada kehidupan bangsa Indonesia, Insya Allah. Dengan cita-cita
sebagai dosen saya harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, sehingga kelak
saya semakin mantap dalam memberikan pengajaran yang baik dari segi metodologi
dan tentunya dari segi kapasitas ilmu yang mengharuskan saya harus menyandang
gelar S2.
Untuk jenjang S2, saya
memilih Universitas Gadjah Maja
(UGM)
dengan mengambil program
studi matematika yang konsentrasi kepada matematika untuk pendidik.
Konsentrasi ini linear dengan jurusan yang saya ambil di jenjang strata satu
yang telah saya lalui. Konsentrasi inilah yang akan saya dalami untuk
terjun sebagai tenaga pendidik di
perguruan tinggi (Dosen) sekaligus sebagai peneliti. Saya memilih Universitas Gadjah Mada ini karena merupakan
salah satu universitas yang berkualitas dan terkemuka dalam negeri, dan saya
yakin universitas ini akan memiliki peran penting untuk pengembangan wawasan saya di bidang matematika.
Target saya dalam menyelesaikan studi magister ini adalah maksimal dua tahun.
Insya Allah dengan masa studi ini saya bisa memaksimalkan diri untuk dapat
mendalami ilmu matematika. Adapun Kurikulum Program Studi S2 Matematika terdiri
atas satuan matakuliah dan Tesis.
Matakuliah disusun berdasarkan kompetensi yang diharapkan dari lulusan Program Studi S2 Matematika yang
dibedakan menjadi matakuliah wajib
program studi, matakuliah
wajib minat dan
matakuliah pilihan. Tesis diwajibkan untuk
memenuhi kompetensi mengembangkan
intelektual dan dikerjakan
dalam dua bagian, Tesis I (2 sks)
dan Tesis II (4 sks). Tesis I bertujuan untuk menilai kompetensi mahasiswa
dalam menentukan topik dan
materi penelitian, metodologi
dan kelayakan rencana
penelitian. Tesis II bertujuan untuk menilai kompetensi
mahasiswa dalam melakukan penelitian,
penguasaan materi dan penulisan karya ilmiah.
Adapun
Struktur Kurikulum S2 Matematika FMIPA UGM
Komponen Studi
|
Beban SKS
|
Keterangan
|
Mata Kuliah Wajib Program Studi
|
9 sks
|
Analisis
I (3 sks)
Aljabar
Linear Lanjut (3 sks)
Statistika
Matematika I (3 sks)
|
Mata
Kuliah
Wajib
Minat
|
6-24 sks
|
Wajib
Minat Aljabar (9 sks)
Wajib
Minat Analisis (6 sks)
Wajib
Minat Matematika Terapan (9 sks)
Wajib
Minat Statistika (9 sks)
Wajib
Minat Aktuaria (9 sks)
Wajib
Minat Matematika Keuangan (9 sks)
Wajib
Minat Matematika untuk Pendidik (24 sks)
|
Tesis
|
6 sks
|
Tesis
I (2 sks)
Tesis
II (4 sks)
|
Mata
Kuliah
Pilihan
|
3-18 sks
|
Dapat
diambil dari Mata Kuliah yang ditawarkan
masing-masing
Minat. Mata Kuliah Wajib Minat
dapat
dianggap sebagai Mata Kuliah Pilihan pada
Minat
yang lain
|
Total
|
42 sks
|
|
Sesuai dengan jurusan
saya, nantinya topik yang akan saya tulis dalam tesis berkenaan tentang peningkatan mutu
pendidikan yang berorientasi pada peningkatan belajar mandiri siswa untuk matematika.
Hal ini merupakan pengembangan dari skripsi saya di jenjang strata satu yaitu “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match”.Karena saya menyimpulkan
bahwa model pembelajaran apapun yang kita terapkan dalam proses pembelajaran
jika tidak didukung oleh minat siswa untuk belajar baik di rumah maupun di
sekolah maka hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, bagaimna cara kita
sebagai praktisi pendidikan untuk menumbuhkan / meningkatkan minat belajar
siswa terlebih dahulu. Dalam tesis saya ini, nantinya akan diteliti
faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat siswa untuk belajar, misalnya;
faktor guru/pendidik, keluarga, lingkungannya, kebiasaan siswa dalam kehidupan
sehari-hari serta pengaruh tehnologi yang semakin berkembang. Maka dari sini,
kita akan mengetahui bagaimana cara untuk menumbuhkan kembali minat belajar itu
bahkan dari faktor yang mempengaruhi itu bisa dijadikan sebagai media atau
wadah untuk mendukung meningkatkan minat belajar siswa.
Ilmu yang diperoleh di
bangku perkuliahan tidaklah cukup bahkan jauh dari cukup bagi orang yang mau
berkembang demi suatu cita-cita. Hakikatnya manusia terus belajar hingga ajal
menjemput dan tempat serta guru kita untuk menuntut ilmu adalah alam semesta
seluruhnya termasuk lingkungan kita. Berawal dari itu, selain aktif di
perkuliahan untuk menuntut ilmu, saya akan melakukan aktivitas yang mendukung
profesi saya nantinya misalnya; mengikuti kegiatan
workshop/pelatihan-pelatihan, seminar, dan yang semisal. Serta saya juga akan melanjutkan
kegiatan sosial saya waktu di jenjang S1 dulu yaitu kegiatan mengajar dengan
cara bergabung di beberepa organisasi/lembaga yang mempasilitasi untuk itu. Dan
juga saya akan meningkatkan bahasa inggris saya dengan mengikuti kursus karena
kemampuan bahasa inggris saya masih kurang dan merupakan kelemahan saya dalam
menuntut ilmu. sehingga jika kemampuan bahasa inggris saya bagus, saya telah
meniatkan jika ada kesempatan saya akan lanjutkan lagi S3 di luar negeri. Insya
Allah !
Maka dengan tekad yang bulat untuk meraih cita-cita sebagai dosen, saya yakin
dengan memberikan kesempatan kepada saya untuk menempuh pendidikan di jenjang
S2 dengan program studi Matematika di Universitas Gadjah Mada akan memberikan
manfaat kepada saya untuk mengembangkan ilmu yang saya peroleh untuk memajukan
Negara Indonesia, dengan menjadi akademisi dapat memberikan pengaruh terhadap
kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah sehingga dengan berhitung kita
dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Amiin..!
Assalamualaikum..
BalasHapusUntuk tahun ajaran 2018/2019 apakah UGM masih membuka konsentrasi matematika untuk pendidik mas?