Selasa, 01 Desember 2015

RENCANA STUDI



RENCANA STUDI
Saya, Supriadi, lulusan dari Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Selama kuliah saya aktif organisasi yang berorientasi pada pendidikan dimana salah satu kegiatan dari organisasi ini yaitu Bakti Ilmiah yang berfokus pada kegiatan proses belajar mengajar di sekolah yang ada di desa-desa yang kami laksanakan dua kali dalam setahun. Selain itu, saya juga mengadakan bimbingan belajar secara gratis untuk adik-adik mahasiswa jurusan pendidikan matematika dan juga saya aktif di pembinaan anak-anak TPA serta pernah membimbing siswa klub matematika di salah satu sekolah di kabupaten Gowa. Hal ini saya lakukan untuk menyalurkan hobi saya yaitu mengajar. Saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang dosen, tentu ini didasarkan terhadap kesukaan saya mengajar dan keinginan saya untuk mengembangkan daerah saya khususnya di dunia pendidikan yang tentunya akan berdampak pada kehidupan bangsa Indonesia, Insya Allah. Dengan cita-cita sebagai dosen saya harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, sehingga kelak saya semakin mantap dalam memberikan pengajaran yang baik dari segi metodologi dan tentunya dari segi kapasitas ilmu yang mengharuskan saya harus menyandang gelar S2.

Untuk jenjang S2, saya memilih Universitas Gadjah Maja (UGM) dengan mengambil program studi matematika yang konsentrasi kepada matematika untuk pendidik. Konsentrasi ini linear dengan jurusan yang saya ambil di jenjang strata satu yang telah saya lalui. Konsentrasi inilah yang akan saya dalami untuk terjun  sebagai tenaga pendidik di perguruan tinggi (Dosen) sekaligus sebagai peneliti. Saya memilih Universitas Gadjah Mada ini karena merupakan salah satu universitas yang berkualitas dan terkemuka dalam negeri, dan saya yakin universitas ini akan memiliki peran penting untuk pengembangan wawasan saya di bidang matematika. Target saya dalam menyelesaikan studi magister ini adalah maksimal dua tahun. Insya Allah dengan masa studi ini saya bisa memaksimalkan diri untuk dapat mendalami ilmu matematika. Adapun Kurikulum Program Studi S2 Matematika terdiri atas  satuan matakuliah dan Tesis. Matakuliah disusun berdasarkan kompetensi yang diharapkan dari lulusan Program Studi S2 Matematika yang dibedakan menjadi  matakuliah  wajib  program  studi,  matakuliah  wajib  minat  dan  matakuliah  pilihan.  Tesis diwajibkan  untuk  memenuhi  kompetensi  mengembangkan  intelektual  dan  dikerjakan  dalam  dua bagian, Tesis I (2 sks) dan Tesis II (4 sks). Tesis I bertujuan untuk menilai kompetensi mahasiswa dalam menentukan  topik  dan  materi  penelitian,  metodologi  dan  kelayakan  rencana  penelitian.  Tesis  II bertujuan untuk menilai kompetensi mahasiswa dalam  melakukan penelitian, penguasaan materi dan penulisan karya ilmiah.
Adapun Struktur Kurikulum S2 Matematika FMIPA UGM
Komponen Studi
Beban SKS
Keterangan
Mata Kuliah Wajib Program Studi
9 sks
Analisis I (3 sks)
Aljabar Linear Lanjut (3 sks)
Statistika Matematika I (3 sks)
Mata Kuliah
Wajib Minat
6-24 sks
Wajib Minat Aljabar (9 sks)
Wajib Minat Analisis (6 sks)
Wajib Minat Matematika Terapan (9 sks)
Wajib Minat Statistika (9 sks)
Wajib Minat Aktuaria (9 sks)
Wajib Minat Matematika Keuangan (9 sks)
Wajib Minat Matematika untuk Pendidik (24 sks)
Tesis
6 sks
Tesis I (2 sks)
Tesis II (4 sks)
Mata Kuliah
Pilihan
3-18 sks
Dapat diambil dari Mata Kuliah yang ditawarkan
masing-masing Minat. Mata Kuliah Wajib Minat
dapat dianggap sebagai Mata Kuliah Pilihan pada
Minat yang lain
Total
42 sks


Sesuai dengan jurusan saya, nantinya topik yang akan saya tulis dalam tesis berkenaan tentang peningkatan mutu pendidikan yang berorientasi pada peningkatan belajar mandiri siswa untuk matematika. Hal ini merupakan pengembangan dari skripsi saya di jenjang strata satu yaitu “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match”.Karena saya menyimpulkan bahwa model pembelajaran apapun yang kita terapkan dalam proses pembelajaran jika tidak didukung oleh minat siswa untuk belajar baik di rumah maupun di sekolah maka hasilnya tidak akan maksimal. Oleh karena itu, bagaimna cara kita sebagai praktisi pendidikan untuk menumbuhkan / meningkatkan minat belajar siswa terlebih dahulu. Dalam tesis saya ini, nantinya akan diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat siswa untuk belajar, misalnya; faktor guru/pendidik, keluarga, lingkungannya, kebiasaan siswa dalam kehidupan sehari-hari serta pengaruh tehnologi yang semakin berkembang. Maka dari sini, kita akan mengetahui bagaimana cara untuk menumbuhkan kembali minat belajar itu bahkan dari faktor yang mempengaruhi itu bisa dijadikan sebagai media atau wadah untuk mendukung meningkatkan minat belajar siswa.
Ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan tidaklah cukup bahkan jauh dari cukup bagi orang yang mau berkembang demi suatu cita-cita. Hakikatnya manusia terus belajar hingga ajal menjemput dan tempat serta guru kita untuk menuntut ilmu adalah alam semesta seluruhnya termasuk lingkungan kita. Berawal dari itu, selain aktif di perkuliahan untuk menuntut ilmu, saya akan melakukan aktivitas yang mendukung profesi saya nantinya misalnya; mengikuti kegiatan workshop/pelatihan-pelatihan, seminar, dan yang semisal. Serta saya juga akan melanjutkan kegiatan sosial saya waktu di jenjang S1 dulu yaitu kegiatan mengajar dengan cara bergabung di beberepa organisasi/lembaga yang mempasilitasi untuk itu. Dan juga saya akan meningkatkan bahasa inggris saya dengan mengikuti kursus karena kemampuan bahasa inggris saya masih kurang dan merupakan kelemahan saya dalam menuntut ilmu. sehingga jika kemampuan bahasa inggris saya bagus, saya telah meniatkan jika ada kesempatan saya akan lanjutkan lagi S3 di luar negeri. Insya Allah !
Maka dengan tekad yang bulat untuk meraih cita-cita sebagai dosen, saya yakin dengan memberikan kesempatan kepada saya untuk menempuh pendidikan di jenjang S2 dengan program studi Matematika di Universitas Gadjah Mada akan memberikan manfaat kepada saya untuk mengembangkan ilmu yang saya peroleh untuk memajukan Negara Indonesia, dengan menjadi akademisi dapat memberikan pengaruh terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil oleh pemerintah sehingga dengan berhitung kita dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Amiin..!


1 komentar:

  1. Assalamualaikum..
    Untuk tahun ajaran 2018/2019 apakah UGM masih membuka konsentrasi matematika untuk pendidik mas?

    BalasHapus